Sedikit Mengenal Alm. Syekh Salman Jalil, Ulama Besar Martapura Ahli Ilmu Falak Yang Haus Akan Ilmu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 21 Mei 2022

Sedikit Mengenal Alm. Syekh Salman Jalil, Ulama Besar Martapura Ahli Ilmu Falak Yang Haus Akan Ilmu

 


Alm. Syekh Salman Jalil adalah seorang ulama besar Martapura yang dilahirkan di Dalam pagar pada Kamis Shafar, 1335 H. Beliau adalah salah satu keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan Martapura).

Beliau memiliki semangat yang tinggi dalam belajar ilmu agama. Bahkan saat kecil pun beliau rela berpisah kedua orang tua untuk belajar agama ke Sumatera (Perikanan) bersama paman beliau Syekh Qodhi H.M. Thaha.

Saat dewasa, beliau mengaji ilmu agama di Makkah kurang lebih selama 12 tahun. Di Makkah, beliau belajar kepada banyak ulama besar seperti Syekh Yasin Padang, Syekh Umar Hamdan dan banyak lagi.

Sepulang dari Makkah, beliau menjabat sebagai ketua pengawas pengadilan agama se Kalimantan. Beliau juga tetap aktif mengajar di Dalampagar dan ponpes Darussalam Martapura. Beliau sering disebut "Guru Falak", karena beliau sangat ahli bidang ilmu Falak.

Dimasa tua nya (tahun 1970an), beliau pensiun mengajar dan waktu beliau hanya digunakan untuk belajar agama lagi. Beliau kembali belajar ilmu agama kepada Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah guru sekumpul).

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi, sub judul Alimul Fadhil H.M. Salman Jalil bin Abdul Jalil" hal 171

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner